Rivew Pada Laptop

Halo Sobat Pembaca, kembali bersama saya lagi. Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya tentang penggunaan SSD pada Laptop Asus Lama saya. Oke sebelumnya perlu diketahui bahwa SSD ini merupakan Solid State Drive atau bisa saya bilang generasi penerus dari HDD konvensional.

Saya menggunakan Laptop Asus seri A455LD dengan spesifikasi :
  • Intel Core I3 4030U 1.9 GHz
  • Ram 6 Gb (Asalnya 2 Gb)
  • nVidia Geforce 820M 2Gb
  • HDD 500 Gb
  • SSD 120 Gb
Baik akan saya jelaskan satu-satu ya.... Jadi kronologinya adalah ketika saya merasa bahwa laptop saya ini semakin tidak mumpuni dalam penggunaan sehari-hari. Ya cukup streaming, gaming ringan (GTA V) hehehehe dan membuka aplikasi seputar office. Alhasil akhirnya mencoba memberanikan diri untuk upgrade Ram ke 6 Gb dan membeli SSD merk Team L5 3D.



FEATURES

  • 3D NAND – excellent choice for upgrade
  • Read/write speed is 4 times faster than traditional hard drive – breathe new life into old system
  • Smooth read/write speed – up to 470 MB/s of reading speed is able to enhance the speed and performance of the overall system
  • Ultra lightweight and slim - 2.5-inch hard drive with just 7.0 mm thickness, it can be installed on laptop or any other system
  • Support S.M.A.R.T. technology - monitoring hard drive status efficiently
  • Support TRIM - bring out its best performance on the compatible operating system
  • Three years product warranty with free technical support service
Performance dari Website Resmi

ATTO / Crystal Disk Mark:
120GB Read: Up to 470MB/s Max ; Write: 300MB/s**
240GB Read: Up to 470MB/s Max ; Write: 400MB/s**
480GB Read: Up to 470MB/s Max ; Write: 420MB/s**
1TB Read: Up to 500MB/s Max ; Write: 480MB/s**

IOPS:
120GB 4K Random Read/Write: 30K/40K IOPS max**
240GB 4K Random Read/Write: 65K/70K IOPS max**
480GB 4K Random Read/Write: 70K/70K IOPS max**
1TB 4K Random Read/Write: 80K/70K IOPS max**
Sumber : https://www.teamgroupinc.com/en/product/l5-lite-3d

Untuk kali ini saya menggunakan versi yang 120 Gb dengan mengganti HDD bawaannya. Di sini saya mengorbankan DVD pada laptop agar HDD bawaan laptop tetap bisa saya pakai dengan menggunakan HDD Caddy ukuran 9mm, ukur dulu di laptop kalian masing-masing kisaran ketebalan DVD kalian ya sebelum membeli.
Berikut Hasil Benchmark SSD dari Team



Dari hasil di atas, memang bisa kita lihat lebih besar atau lebih cepat sedikit dibanding apa yang dituliskan di website resminya.

Sekian ulasan singkat SSD Team dari saya. Jika Anda punya pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

0 Response to "Rivew Pada Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel